V3ndro's Blog

Meine Ehre heiße Treue

SELAMAT HARI GURU November 25, 2009

Filed under: Uncategorized — v3ndro @ 4:32 am
Tags: , , ,

Hufh….Seusai “reunian” dengan teman2 kampus (walapupun sejatinya hanya kebetulan bertemu dalam satu kegiatan test sebagai partisipan..kekekeke)di hari minggu kemarin, si aku mendapat berita buruk mengenai seorang dosenku yang tengah menderita sakit. Dan ga tanggung-tanggung penyakitnya diduga kanker limfoma (Non-hodgkin lymphoma). Wow…kaget plus sedih mendengar kabar itu, sedikit tidak percaya penyakit tersebut menimpa beliau, karena masih dalam usia produktif dan anak-anak nya pun masih kecil. Beliau bernama Dra. Dewi Wulansari, M.Si. merupakan dosen pembimbing si aku saat penyusunan skripsi. Bu Dewi merupakan salah satu dosen favorit si aku, ya walaupun beliau agak sedikit killer tapi dengan begitu kita-kita jadi mengerti.

Setelah sedikit googling mengenai penyakit kanker limfoma, ternyata memang kebanyakan menyerang pada usia produktif. Pada kanker limfoma, kelenjar getah bening yang merupakan pabrik penghasil sel-sel darah putih mengalami kelainan susunan dan jumlah khromosom yang menyebabkan kelenjar getah bening menghasilkan sel darah putih imatur/limfoblast (tidak matang). Dimana limfoblast ini bersifat ganas dan akan membelah diri dengan tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu.

Kelainan khromosom pada limfoma disebabkan karena infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari polutant, makanan dan minuman.

Setelah menjalani rawat inap di rumah sakit selama 1 bulan, beliau saat ini hanya menjalani perawatan di rumah saja, dan otomatis aktivitas beliau sebagai dosen pun terhambat. Hufh..ingin sekali si aku menengoknya, ingin mencoba memberikan semangat dan support pada beliau. Semoga dalam waktu dekat ini si aku bisa mengunjungi beliau .

Jadi teringat juga dengan salah satu guruku di SMA Pak Thoyib alm. Beliau merupakan guru biologi pada saat si aku di kelas 1 dan 3. Sumpah waktu dulu si aku dan teman-teman yang lain sangat-sangat tidak mengerti dengan apa yang beliau ajarkan. Puyeng si aku mempelajari sebangsa monera, bakteri dan kawan-kawannya dari text book. Heu heu ya ketinggian kali ya untuk ukuran anak SMA. Baru ngeh dengan apa yang beliau ajarkan dulu pada saat aku duduk dibangku kuliah. Tujuan beliau mungkin memang bagus memperkenalkan text book hanya saja belum nyampe kali ya otak kita pas SMA.

Pada saat SMA kelas 3, beliau jatuh sakit dan divonis kanker hati. Hufh..sedih bener-bener sedih melihat keadaan beliau. Dan akhirnya beliau pun di panggil oleh Allah.

Hari ini 25 November adalah HARI GURU. Teruntuk semua guru-guru ku mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas ku haturkan doa agar Bapak dan Ibu selalu dilindungi oleh Allah, selalu diberikan kesehatan dan kesembuhan bagi yang sedang diuji dengan penyakit, dan semoga ilmu yang Bapak-Ibu ajarkan menjadi amalan yang tidak akan pernah terputus…Amien

 

Leave a comment