V3ndro's Blog

Meine Ehre heiße Treue

This is it…Tom Yam ala V3ndro October 24, 2010

Filed under: Jejak Langkah — v3ndro @ 3:52 pm

Yang menginspirasi si aku untuk mencoba meracik sendiri Tom yam adalah moment pada saat nyicipin food stall tom yam yang ada di resepsi pernikahan teman kerjaku. Sumpah tu Tom Yam nendang banget rasanya…wuenak tenan..maknyus..segerrrrrrrrr

Ya dari Tom Yam yang pernah aku icip sebelumnya, rasa yang paling top menurutku adalah yang di food stall itu. Sampai-sampai si aku nambah nyicip beberapa mangkok (ups…kalap).

Dari situ jadi kepengen banget bisa buat sendiri dengan alasan bikin sendiri pasti jatuhnya lebih murah n lebih banyak kali ya daripada porsi umum di resto/cafe.

Dimulailah perburuan resep dengan bantuan mbah google. Ternyata dari semua resep mbah menggunakan kecap ikan. Karena di rumah ga pernah pake tu jenis kecap, ya si aku mencarinya ke beberapa toko swalayan. Ketemu siy si kecap di swalayan tapi packaging sizenya ga nahan rata-rata sekitar 500 ml. Untungnya si aku menemukan kecap ikan merek “Royal Gold Fish” yang hanya 200 ml saja di pasar tradisional dekat rumah.

Sebenarnya selain kecap ikan ada semacam bumbu pasta Tom Yam yang disebutkan dalam resep mbah. Tapi sampai sekarang si aku belum berhasil nemu tu bumbu pasta. Ya daripada ga jadi bikin, si aku pasrah pake bumbu yang ada saja.

Pagi-pagi pergi ke pasar buat beli bahan-bahannya : udang, cumi, brokoli, wortel, jamur kancing, laja, sereh, daun jeruk, jeruk limo, cengek kering.

Lalu saat nya mulai meracik. Pertama bersihkan cumi dan udang. Potong-potong dan cuci jamur, wortel, brokoli. Cincang halus bawang merah dan putih. Ga lupa serehnya digeprek dulu.

Didihkan air, masukan kaldu ayam (pake masako aja si aku mah), bawang, wortel, jamur, laja, sereh, daun jeruk,cabai merah yang sudah digiling dan cengek kering. Tunggu sampai wortel dan jamur empuk. Lalu masukkan udang, cumi, brokoli. Tambahkan kecap ikan 3 sendok makan, air perasan jeruk limo, sedikit santan dan gula secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan udangnya berubah warna. Siap disajikan.
Cepet banget bikinnya tinggal cemplung-cemplung.

Dan rasanya pedes gurih segerrrrrrrrr…..enak juga ternyata ga pake bumbu pasta instan.
Mission Accomplished

 

One Response to “This is it…Tom Yam ala V3ndro”

  1. tehh itu enak bgt.. aku mau buat haha
    itu cabe yg digiling ?? blender??? hehe


Leave a comment